Harapan Itu Selalu Ada


Melewati masa-masa sulit dalam hidup tidaklah mudah, namun dalam hidup ini segalanya bias terjadi. Tidak ada yang tidak mungkin. Segalanya mudah bagi Allah. Banyak hal yang tak terduga atau mungkin mustahil dalam pandangan manusia bias saja terjadi. Berbagai keajaiban dapat muncul tiba-tiba. Kita tak akn pernah tahu hasil akhirnya karena kita hanya berperan di dalam proses. Tugas kita hanyalah menjalani hidup ini dengan berusaha dan berdo’a, lalu bertawakkal. Selebihnya kita serahkan kepada Allah.
Ketika kita menangani sendiri urusan kita, hidup akan terasa berat. Akan tetapi, ketika membiarkan tangan-tangan Allah mengambil alih urusan, kita merasakan betapa hidup menjadi mudah. Selalu meyakini bahwa Allah akan menimbulkan perasaan lebih tenang. Yakinlah, Allah akan selalu mengabulkan do’a-do’a hamba-Nya.
Dalam sebuah Hadis Qudsi, Allah SWT berfirman :
“ Wahai anak Adam, Aku telah ciptakan kamu, maka kamu jangan bermain-main dan Aku jamin rezekimu, maka kamu jangan capek Wahai anak Adam, carilah Aku, maka engkau akan menemui-Ku. Dan jika engkau menemukan Aku, engkau akan mengetahui Aku mencintaimu lebih dari segalanya.”
Di mana ada kemauan, di situ ada jalan. Ungkapan itulah yang menginspirasi banyak orang untuk sukses. Kemauan dan semangat mempunyai andil yang sangat besar bagi seseorang yang menginginkan hidupnya menjadi lebih baik. Tak ada yang akan berubah jika orang itu tak mengubah keadaannya sendiri. Diperlukan sikap introspeksi diri untuk mengetahui apa saja hal yag perlu kita ubah.
Allah SWT berfirman :
“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan mereka sendiri” (QS Al-Ra’d [13]: 11).

No comments: