Buah-buahan yang di awali huruf A (bagian 3)

11. Aprikot

Asal: Asal tanaman ini sulit dipastikan karena sudah dibudayakan orang sejak zaman prasejarah. Kemungkinan besar tanaman ini berasal dari sebelah utara dan barat daratan Cina atau Asia Tengah, tapi mungkin juga berasal dari Korea atau Jepang.
Manfaat: untuk menjaga kesehatan dan ketajaman penglihatan mata dan retina,untuk menjaga kekebalan tubuh, kesehatan tulang, kulit, dan selaput lendir. Serat dalam aprikot membantu melancarkan pencernaan, serta bisa membuat Anda lebih mudah kenyang.



12. Buah Ara (Tin)

Asal: berasal dari Asia Barat.
Manfaat: dapat dimakan segar, dikeringkan, atau dibuat selai. Buah yang dipetik harus segera dimanfaatkan karena tidak dapat disimpan lama (mudah rusak). Di Bengali buah tin diolah sebagai sayuran.






13.  Arbei (stroberi kebun)
Asal: dari bahasanya, asalnya dari bahasa Belanda, namun buah ini sudah terkenal di dunia dengan nama stroberi dan belum ada tempat persis wilayah asalnya.
Manfaat: membantu melawan kanker, Mengobati maag ( buah dibuat jus lalu diminum), Meringankan gejala diare, dan penting untuk kekebalan tubuh.





14. Aren (enau/buah hanau)
Asal: asalnya belum persis diketahui, namun seluruh negara memiliki nama-nama yang berbeda terhadap pohon buah ini. Di indonesia saja sudah banyak perbedaan nama tentang pohon buah ini, apalagi sedunia.
Manfaat: dijadikan Kolang-kaling yang nantinya bisa sebagai campuran es, manisan atau dimasak sebagai kolak. Teristimewa sebagai hidangan berbuka puasa di bulan Ramadhan.


15. Argan
Asal: Pohon dari buah itu hanya tumbuh di barat daya Maroko, antara Essaouira dan Agadir. 
Manfaat: biji buah argan dihasilkan minyak argan, yang sering disebut sebagai emas cair, untuk kesehatan rambut dan kulit, berkhasiat menyembuhkan asam urat,  sebagai minyak goreng atau pengganti mentega dan dapat diolah menjadi saus dari salad. 




Silahkan diklik!

No comments: