Cara belajar dalam belajar

Setiap orang bisa menentukan sendiri kapan waktu yang paling tepat untuk belajar. Apakah memilih pagi, sore atau malam hari. Semua sesuai dengan kondisi yang ada. Sebaiknya cara belajar yang baik di lakukan setiap hari, walaupun dengan waktu yang tidak lama. Misalnya 1 atau 2 jam setiap hari. Kalau saya sih paling sering malam hari.... (^_^)

Selain waktu untuk belajar, kita juga perlu memilih cara belajar antara lain sebagai berikut:
1. Belajar Bersama 
           Metode ini seringkali di katakan metode yang paling efektif karena dalam suasana belajar berkelompok yang cukup santai otak menjadi lebih rileks menerima ilmu - ilmu yang akan di serap. Selain itu hal - hal yang belum di ketahui akan lebih mudah di selesaikan dengan bekerja sama.



2. Rajin Membuat Catatan Intisari Pelajaran
              Bagian-bagian penting dari pelajaran sebaiknya dibuat catatan di kertas atau buku kecil yang dapat dibawa kemana-mana sehingga dapat dibaca di mana pun kita berada. Namun catatan tersebut jangan dijadikan media mencontek karena dapat merugikan kita sendiri.

3. Membuat Perencanaan (Jadwal) Yang Baik
            Untuk mencapai suatu tujuan biasanya diiringi oleh rencana yang baik. Oleh karena itu ada baiknya kita membuat rencana belajar dan rencana pencapaian nilai untuk mengetahui apakah kegiatan belajar yang kita lakukan telah maksimal atau perlu ditingkatkan. Sesuaikan target pencapaian dengan kemampuan yang kita miliki. Jangan menargetkan yang yang nomor satu jika saat ini kita masih di luar 10 besar di kelas. Buat rencana belajar yang diprioritaskan pada mata pelajaran yang lemah. Buatlah jadwal belajar yang baik.
7. Hindari Belajar Berlebihan
           Jika waktu ujian atau ulangan sudah dekat biasanya kita akan panik jika belum siap. Jalan pintas yang sering dilakukan oleh pelajar yang belum siap adalah dengan belajar hingga larut malam / begadang atau membuat contekan. Sebaiknya ketika akan ujian tetap tidur tepat waktu karena jika bergadang semalaman akan membawa dampak yang buruk bagi kesehatan, terutama bagi anak-anak.

Memang masih banyak lagi cara belajar yang baik namun itu semua tergantung dari diri sendiri. Jika ingin baik maka harus berusaha dan tetap bertawakkal. Agar kita selalu ingat bahwa ketika kita berhasil itu semata bukan karena kita tapi karena pertolongan Allah yang memberikan kecerdasan untuk memahami dan menempuh keberhasilan. Namun ketika gagal jangan salahkan Allah, karna Allah tidak pernah salah. Tapi yang salah itu adalah diri kita sendiri.

Semoga bermanfaat..!!!

No comments: