Panduan Membeli Domain dan Hosting

Anda memiliki dua pilihan, menggunakan domain internasional semisal .com, .net, .biz dan lain sebagainya, atau menggunakan domain Indonesia yaitu .web.id. Harga untuk domain internasioanal jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan domain Indonesia.

A. Membeli Domain Internasional

Membeli domain internasioanal tidaklah sulit . Anda dapat googling terlebih dahulu dengan memasukkan kata kunci " beli domain murah", kemudian pilih salah satu penyelenggara yang menurut Anda sesuai harganya.

Prosedur pembelian domain pun pada prinsipnya sama di setiap penyelenggara pendaftaran, yaitu:

1. Memilih nama domain yang masih dapat dipergunakan


2. Melakukan pendaftaran dengan memasukkan data diri Anda untuk keperluan billing tahunan.

3. Menyelesaikan Proses pendaftaran.

4. Melakukan pembayaran.

5. Melakukan konfirmasi pembayaran.

6. Menunggu proses pendaftaran.

7. Domain aktif

B. Panduan Membeli Hosting

Untuk pembelian hosting di luar negeri pembayarannya harus menggunakan PayPal, Anda harus memiliki account dan dana PayPal. Untuk mengisi dana PayPal Anda dapat membelinya di internet, silahkan googling untuk mengetahui website-website yang  menjual dana PayPal, perhatikan kurs agar Anda mendapatkan harga yang pas.

Untuk membeli hosting, sebelumnya Anda harus mempunyai sebuah domain yang sudah aktif atau sudah terdaftar, jadi tidak bisa lagi diambil atau dipergunakan oleh orang lain. Anda dapat sekaligus melakukan pendaftaran dan membeli hosting di satu tempat, dan tinggal terima beres. Penyelengara hosting atau provider domain akan melakukan setting dan Anda tinggal terima beres.

Prosedur pembelian hosting:
1. Memilih paket yang diinginkan.
2. Mengisi nama doamin yang ingin digunakan yang sebelumnya sudah Anda daftarkan.
3. Mengisi data-data untuk kep[rluan billing.
4. Menyelesaikan proses pendaftaran.
5. Melakukan pembayaran.
6. Melakukan konfirmasi pembayaran.
7. Menunggu proses.
8. Hosting aktif.

Untuk penyelenggara hosting luar negeri yang memberlakukan pembayaran dengan PayPal, hosting akn langsung aktif begitu Anda selesai melakukan pembayaran via PayPal, dan akan mendapatkan informasi mengenai account hosting Anda.

Anda akan mendapatkan informasi untuk login ke dalam panel hosting begitu account hosting aktif dan Anda dapat melakukan beberapa setting untuk keperluan website Anda. Kita akan pelajari satu per satu mengenai hal tersebut.

Sumber: Su Rahman : Buku Bisnis Iklan Baris Online( cara Instan, Gak Pake Pusing)

No comments: