PENELITIAN PENDIDIKAN

A. Pengertian

    Penelitian pendidikan menurut Arikunto (2003) adalah upaya memahami permasalahan yang dialami dalam bidang pendidikan baik pendidikan formal maupun nonformal serta masalah yang bertautan dengan mencari bukti yang muncul dan dilakukan dengan menempuh langkah tertentu  yang bersifat ilmiah, sistematis, dan logis sehingga ditemukan jawaban atau pemecahan terhadap permasalahan.

B. Tujuan dan Manfaat
  
    Menurut Ibnu (2003), tujuan penelitian pendidikan adalah:
1. Menemukan fakta baru dan mencari fakta lama tentang pendidikan
2. Mengadakan analisis tentang urutan, interelasi, dan penjelasan tentang fakta yang muncul dalam kerangka teoretis    yang berhubungan dengan penelitian.
3. Mengembangkan alat, konsep, dan teori ilmiah baru dalam bidang pendidikan yang memberi kemungkinan studi tentang tingkah laku manusia dalam situasi pendidikan yang valid dan reliabel.

Manfaat penelitian pendidikan menurut Sukardi (2003) adalah:
1. HAsil penelitian dapat menjadi peta yang menggambarkan keadaan pendidikan tentang kemampuan sumber daya, kemungkinan pengembangan serta hambatan-hambatan yang dihadapi atau mungkin ditemukan dalam penyelenggaraan pendidikan.
2. Hasil penelitian bisa menjadi sarana diagnosis dalam mencari sebab kegagalan dan masalah yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan sehingga dengan mudah dapat dicari upaya menanggulanginya.
3. Hasil penelitian bisa menjadi sarana untuk menyusun kebijakan (policy) dalam menyusun strategi pengembangan pendidikan.
4. Hasil penelitian dapat melukiskan kemampuan dalam pembiayaan, peralatan, serta pembekalan tenaga kerja secara kualitas dan kuantitas yang berperan bagi keberhasilan dalam bidang pendidikan.

No comments: