PENGERTIAN PENELITIAN

Penelitian hakikatnya merupakan kegiatan ilmiah untuk memperoleh pengetahuan yang benar tentang suatu masalah. Pengetahuan yang diperoleh berupa fakta-fakta, konsep, generalisasi, dan teori yang memungkinkan manusia dapat memahami fenomena dan memecahkan masalah yang dihadapi. Masalah yang akan dijawab melalui penelitian disebut masalah penelitian. Masalah penelitian bisa disebabkan banyak hal.  Masalah muncul karena manusia mengalami kesulitan dalam hidup, yaitu adanya ketidaksesuaian atau kesenjangan antara yang diharapkan dengan kenyataan yang aktual. Sebagai contoh, seorang mahasiswa yang tinggal di tempat kos setiap bulan harus mengelola keuangannya serta menghadapi banyak kebutuhan, sementara jumlah dana yang dimiliki relatif terbatas. Permasalahannya adalah cara mengelola keuangan dengan baik agar semua kebutuhan dapat terpenuhi dengan dana terbatas. Contoh lain adalah manajer pemasaran di suatu perusahaan setiap tahun selalu berhadapan dengan target penjualan yang harus dicapai. Tidak selamanya target yang ditetapkan pada kenyataannya dapat dicapai. Dia harus pandai mengelola perusahaannya agar target yang ditetapkan tercapai. Begitu pula dalam dunia pendidikan. Seorang guru pasti menginginkan siswanya dapat lulus seratus persen dalam ujian nasional. Namun sering harapan tidak menjadi kenyataan. Permasalahan dalam penelitian bisa pula bersumber dari rasa ingin tahu sebagai sifat alami setiap manusia. Misalnya, seorang mahasiswa menemukan jurnal hasil penelitian yang dilakukan di negara maju. Dia ingin menguji jika hasil penelitian sama atau berbeda jika dilakukan di negara miskin atau negara berkembang. Begitu juga dalam dunia bisnis.
Seorang pimpinan perusahaan melakuka kunjungan ke perusahaan lain di negara maju. Di sana dia menemukan teknologi baru yang canggih dalam bidang produksi. Sepulang dari kunjungan dia ingin menerapkan teknologi tersebut di perusahaannya. Sebelum menerapkannya, tentu akan lebih baik jika dia melakukan penelitian terlebih dahulu. Jadi, kebijakan yang diambil pimpinan mempunyai dasar dan tidak sekadar ikut-ikutan karena belum tentu keberhasilan penggunaan teknologi di suatu perusahaan bisa diterapkan di perusahaan lain dengan hasil sama.

Kebenaran yang dipegang teguh dalam penelitian adalah kebenaran ilmiah. Artinya, kebenaran bersifat relatif (nisbi), bukan kebenaran yang sempurna dan bersifat mutlak. Dengan kata lain, hasil suatu penelitian saat ini mungkin hanya benar pada saat ini dan pada saat lain kebenaran sudah tidak relevan lagi. Walaupun demikian, banyak peneliti baik kalangan akademisi maupun praktisi dalam bidangnya masing-masing telah melakukan penelitian dengan hasil berupa fakta, konsep, generalisasi, atau teori yang sangat berguna bagi manusia untuk memahami fenomana atau merupakan solusi permasalahan yang dihadapi. Dengan demikian, hasil penelitian telah memberikan sumbangan penting bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang masing-masing. Lebih lanjut, hasil tersebut sangat membantu manusia dalam memecahkan masalah kehidupan dan menjawab rasa ingin tahu manusia yang merupakan naluri manusia sejak lahir

No comments: