Asmaul Husna (Part 1)

Yang dimaksud dengan Asmaul Husna adalah nama-nama terbaik yang dimiliki oleh Allah SWT. Asmaul Husna ini jumlahnya ada 99 (sembilan puluh sembilan). Asmaul Husna ini merupakan nama-nama yang terbaik dan yang Agung. Nama-nama atau sebutan dari Asmaul Husna merupakan nama-nama Allah SWT yang sesuai dengan sifat-sifat yang dimiliki oleh Allah SWT.

Kita sebagai manusia dan sebagai umat Islam hendaknya mengetahui dan mengerti serta paham tentang makna dari Asmaul Husna tersebut. Karena Asmaul Husna ini telah banyak dituliskan pada Al Qur'an atau sekedar tulisan kaligrafi sebagai hiasan. Asmaul Husna ini juga telah banyak diterangkan oleh ustadz/ustadzah, sekolah-sekolah ataupun pada pengajian-pengajian dan majlis-majlis taklim.


Adapun hadist yang menerangkan tentang Asmaul Husna adalah seperti berikut ini.
"Bahwasanya Allah SWT mempunyai 99 nama, yakni seratus kurang satu. Barang siapa menghafalnya (menyebut di luar kepala) niscaya akan dimasukkan ke dalam surga." (HR. Imam Bukhary)

Disebutkan juga dalam Al Qur'an Surat Al A'raf yang berbunyi
"Allah SWT mempunyai Asmaul Husna, maka memohonlah kepadanya dengan menyebut Asmaul Husna itu." (QS. Al A'raf : 180)

Dari ayat Al Qur'an tersebut kita harapkan agar senantiasa menyebut dan membaca serta berdzikir melalui kesembilan puluh sembilan nama-nama Allah (Asmaul Husna) ini. Dan apabila kita baca, kita sebut-sebut dan kita ucapkan untuk berdo'a memohon kepada Allah SWT dan untuk berdzikir kepada-Nya, maka kita akan mendapatkan pahala, mendapatkan maghfirah, ketenangan, ketentraman, pertolongan, kesuksesan, hati kita menjadi terang, terhindar dari musuh, disenangi orang, aman dan selamat, memperoleh kebahagiaan dan kemuliaan serta kekayaan dan sebagainya dari Allah SWT, berkat khasiat-khasiat dan fadhilah-fadhilah Asmaul Husna.

No comments: