Keadaan Laut Indonesia

Laut-laut yang terdapat diantara kepulauan Indonesia adalah merupakan laut perbatasan antara Lautan Pasifik dan Lautan Hindia. Sifat-sifat dari pada laut ini ada yang dangkal, ada pila yang amat dalam. Seperti : Sunda Trog, dalamnya sampai 7000 meter. Yang dangkal ialah terutama selat-selat antara pulau yang dalamnya hanya 200 meter.
Sunda Plat ialah semacam tanah dataran tinggi yang ada dalam laut. Diatas tanah dataran tinggi ini terletak pulau-pulau Sumatra, Jawa dan Kalimantan. Dengan kenyataan inilah dapat diterangkan,
mengapa selat-selat yang menghubungkan Pulau-pulau itu sangat dangkal keadaannya.
Disebelah arah Laut Harafura terdapat Sahul Plat, yang menyatakan bahwa masih ada perhubungan dengan Irian dan Australia, walaupun bagian yang menghubungkan itu telah digenangi oleh lautan.Itupun lautnya sangat dangkal.
Dibagian pertengahan Indonesia dan sebelah Timurnya, terdapat laut-laut yang dalam. Hal ini disebabkan karena tanah Bumi(dasar laut) disitu sudah lepas dari bagian asalnya, sehingga meninggalkan lubang yang amat dalam.
Beberapa lautan dibawah dasar laut dilingkungi oleh pundak data-data tinggi. dan di atas pundak ini terdapat pulau-pulau.
Tetapi walaupun perhubungan dibawah air laut itu ada, dalam wujudnya para ahli telah menetapkan bahwa Indonesia selalu merupakan satu kepulauan dari zaman dahulu kala.







No comments: